Senin, 29 Agustus 2016

KETAHUILAH...!!! Lakukan 6 Hal Ini Agar Shalat Menjadi Khusyu’... MARI BAGIKAN Semoga Menjadi Amal Kita Semua...

Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Sholat bukan hanya sebagai kewajiban setiap muslim saja tetapi juga sebagai media untuk berkomunikasi dengan Allah SWT sehingga dapat mendekatkan diri seorang hamba dengan sang penciptanya. Bagaimana cara agar sholat menjadi khusyu’?

Hasil gambar untuk GAMBAR ORANG SHOLAT KHUSYU'


Lakukan 6 Hal Ini, InsyaAllah Shalat Menjadi Khusyu’
Sholat merupakan salah satu rukun islam yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim di dunia ini tanpa terkecuali. Allah SWT telah menjanjikan pahala yang sangat besar bagi setiap hamba yang melaksanakan sholat dengan baik yaitu khusyu dan tepat waktu, selain itu Rosulullah menganjurkan kepada setiap umatnya untuk menunaikan sholat secara berjamaah karena pahalanya dilipat gandakan hingga 7 derajat dibandingkan dengan sholat sendiri.
Setiap muslim berkewajiban melaksanakan sholat lima waktu setiap harinya yaitu shubuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’. Sebenarnya melaksanakan sholat tidak menyita waktu banyak tetapi masih banyak umat muslim yang merasa keberatan dan malas-malasan untuk melaksanakan kewajibannya ini, selain itu masih banyak umat muslim yang belum bisa khusyu dalam sholatnya sehingga merasa dalam sholat masih memikirkan masalah duniawi.
Seorang hamba yang sholat dengan khusyu dapat menikmati arti sholat dan mendapat ketenangan jiwa sehingga tidak terbebani dengan kepentingan dunia, bahkan seorang muslim yang sholat dengan khusyu tidak terasa meneteskan air mata saat melafalkan kalimat Allah SWT. Bagaimana cara shalat khusyuk?
Berikut adalah 6 cara yang dapat mendorong khusyu dalam sholat:

1. Menjaga waktu
Islam mengajarkan kepada setiap umatnya untuk memanfaatkan waktunya selama di dunia dengan sebaik-baiknya yaitu dengan melakukan perbuatan baik, beramal sholeh, menjauhi perbuatan dan perkataan yang sia-sia, serta tidak berbuat maksiat. Setiap muslim yang selalu menjaga waktunya ini pasti akan selalu mengingat Allah SWT dalam setiap langkahnya.
2. Niat dengan ikhlas
Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim sehingga niatkan sholat dengan ikhlas tanpa mengharapkan pujian atau penghargaan dari orang lain. Sholat semata-mata hanya untuk Allah SWT dan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta maka insyaAllah sholat dapat lebih tenang.
3. Menjaga kebersihan
Islam mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Sebelum melaksanakan sholat, setiap muslim diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu dari hadast kecil dan besar yaitu dengan mandi dan berwudhu. Kebersihan badan dapat membangkitkan rasa semangat dan ketenangan saat melaksanakan sholat.
4. Tepat waktu
Rosulullah mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu tepat waktu dan tidak menunda-nunda waktu sholat. Lebih baik melaksanakan sholat secara tepat waktu sesuai dengan jadwalnya karena selain dapat membuat hati lebih tentram juga dapat membiasakan diri untuk hidup disiplin.
5. Tenang dan tuma’ninah
Dalam sholat dianjurkan untuk selalu tenang dan tuma’ninah atau tidak terburu-buru. Sholat secara tuma’ninah dapat menciptakan kekhusyu’an dalam sholat.
6. Rendah hati dan tawadhu
Salah satu sifat Rosulullah yang dapat menjadi cerminan bagi setiap muslim adalah rendah hati dan tawadhu. Rosulullah selalu rendah hati terhadap siapapun dan tidak merasa lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan orang lain meskipun beliau merupakan Rosul yang memiliki banyak keistimewaan dari Allah SWT.
Setiap muslim yang sholatnya baik dan khusyu maka akan tercermin dalam akhlaknya yang baik pula sehingga sholat merupakan cerminan akhlak seorang muslim.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar