Senin, 29 Agustus 2016

MUSLIM WAJIBTAU.!!!Ini Hikmah Luar Biasa Di Balik Perintah Berqurban baca selengkabnya..... ayo di share, agar banyak yang tau......

SETAHUN sekali kita dapat merayakan hari raya Idul Adha. Dimana pada hari raya ini, cucuran darah berlangsung di mana-mana. Darah-darah itu tidaklah darah manusia yang teraniaya. Tetapi hewan yang diqurbankan. Ya, hewan yang disembelih, yang nanti daging hewan itu diberikan pada orang-orang yg tidak dapat atau yang berhak menerimanya.



Nah, dikesempatan setahun sekali ini, jadi alangkah sebaiknya bila Anda juga berqurban, bila memanglah Anda mempunyai harta yang cukup untuk beli hewan untuk diqurbankan. Kenapa? Sebab, Terkecuali melindungi fitrah serta menguji tingkat ketaqwaan, dibalik perintah ini ada hikmah yang luar biasa. Apakah itu?.
.
1. Kebaikan dari Setiap Helai Bulu Hewan Qurban
Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata, “Wahai Rasulullah ﷺ, ‘Apakah qurban itu? ’ Rasulullah menjawab, ‘Qurban adalah


sunnahnya ayah
kalian, Nabi Ibrahim. ’ Mereka menjawab, ‘Apa keutamaan yang kami bakal dapatkan dengan qurban itu? ’ Rasulullah menjawab, ‘Setiap satu helai rambutnya yaitu satu kebaikan. ’ Mereka menjawab, ‘Kalau bulu-bulunya? ’ Rasulullah menjawab, ‘Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan’, ” (HR. Ahmad dan ibn Majah).
.
2. Berqurban yaitu Ciri Keislaman Seorang
Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa yang mendapati dianya dalam kondisi lega, lantas ia tak berqurban, jadi jangan sampai ia mendekati tempat shalat Ied kami, ” (HR. Ahmad serta Ibnu Majah).
.
3. Memotivasi Diri untuk Mempunyai Harta dengan Berkeja Keras. Nabi Muhammad ﷺ begitu mengecam umatnya yang sudah dapat berqurban, namun malas untuk menunaikannya. Hal semacam ini tergambar dalam sabdanya, “Siapa yang merasakan dianya dalam kondisi lega, lantas dia tak berqurban, jadi jangan sampai ia mendekati tempat shalat kami, ” (HR. Ahmad serta Ibn Majah).
.
4. Berjiwa Sosial untuk Sharing dengan Sesama
Dengan syariat qurban ini, golongan muslimin dilatih untuk meningkatkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaannya serta menghidupkan hati nuraninya. Tiap-tiap muslim mesti mempunyai rasa perhatian, kepedulian, serta persaudaraan pada sesama.
.
Jadi, untuk yang dapat, jangan lupa yah berqurban th. ini!.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar