Senin, 29 Agustus 2016

NAUDZUBILLAH...!!! Membicarakan Keburukan Orang Lain Ternyata Lebih Keji Dari Pada Zin4 30 Kali...Berikut Penjelasannya...

Menurut imam Ghazali, dosa ghib4h yakni lebih keji dari pada perbuatan zin4 yang dilakukan hingga 30 kali dan jaminannya tentunya neraka.

Pikirkan, menggunj! ng orang lain yakni sama seperti dengan menginj4k-inj4k martab4t, keh0rmatan dan harga diri orang lain. Bila Anda digunj! ng orang lain, pastinya Anda tidak akan menerimanya terutama bila gunj! ngan itu tidak sesuai dengan sebenarnya.
Bila Anda yaitu orang pemaaf dan cuek dengan gunj! ngan orang lain itu, bermakna Anda juga mudah untuk memaafkan orang yang menggunj! ng Anda. Tetapi bila Anda begitu marah dan tidak dapat memaafkan orang yang menggunj! ng Anda, jadi selama-lamanya orang itu akan terbebani oleh dosa. Sekian perihal waktu Anda menggunj! ng orang lain, Anda akan terbebani dosa selama orang yang Anda gunj! ng tidak memaafkan Anda.
Sebagai ilustr4si tentang dosa ghib4h ini, Qotadah melukiskan Anda tentu tidak suka waktu lihat teman atau saudara Anda m4yatnya penuh dengan ulat. Tentunya Anda juga tidak ingin atau tidak akan memakan b4ngkai yang penuh dengan ulat itu. Oleh karena itu, sudah sepatutnya agar Anda jangan sampai menggunj! ng orang lain apabila tidak mau memakan b4ngkai yang penuh bel4tung waktu hari kiamat nantinya.

Firman Allah SWT dalam Surat Al Hujurat Ayat 12 :
 " Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu yakni dosa dan jangan pernah anda mencari-cari kesalahan orang lain dan jangan sampai anda menggunj! ng orang lain. Sukakah salah seseorang di antara anda mengonsumsi daging saudaranya yang sudah mati? Jadi tentunya anda terasa j! j! k padanya. Dan bertakwalah pada Allah. Sebenarnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. "
Fitn4h akhir zaman mesti kita waspadai. Untuk itu, sebagai orang Islam yang beriman pada Allah, jangan sampai sampai kita berprasangka buruk pada orang lain karena hal sejenis itu yaitu dosa besar.
Demikian perihal jangan pernah kita menggunj! ng (ghib4h) orang lain, sebab dosa ghib4h sama seperti dengan merun " tuhkan keh0rmatan dan martabat orang yang digunj!ng itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar