Senin, 26 September 2016

Jangan Cuci dan Simpan Telur Di Pintu Kulkas, Ini Sebabnya Yang Ternyata Bisa Menyebabkan...

- Dimana biasanya anda menyimpan telur? Pasti banyak yang menjawab bahwa telur disimpan di kulkas terutama bagian pintu.

Menyimpan telur di kulkas memang pilihan terbaik. Alasannya karena suhu rendah bisa menjaga suhu telur tetap rendah, selain itu bisa mencegah resiko telur terkontaminasi oleh bakteri Salmonella, sejenis bakteri jahat yang terkadang hadir di dalam  makanan termasuk ayam, tomat, guacamole, kacang tanah dan juga terdapat dalam makanan hewan.




Tetapi jangan menyimpan telur pada bagian pintu kulkas ya? Tahu kenapa?

Pintu kulkas adalah bagian yang paling hangat dari kulkas. Temperatur pintu kulkas pun berfluktuasi khususnya saat pintu dibuka dan ditutup. Itulah alasannya jangan simpan telur di pintu kulkas.


Lebih baik, simpan di bagian dalam kulkas yang suhunya lebih stabil. Sebelum disimpan, susun dulu telur di dalam kartin agar telur segar selama 3-5 minggu.
Jika waktu penyimpanan telur masih bagus, bagian kulit telur tidak rusak dan retak. Putih telur dan kuningnya sudah bisa dipisahkan dan bertahan 24 hari.

Berikut tips memilih dan menyimpan telur yang baik:
1. Hindari telur yang retak dan kotor
Bakteri pada kotoran ayam yang menempel pada kulit telur bisa masuk melalui pori-pori kulit telur, apalagi jika ada retakan saat anda membelinya. Sedangkan ini sangat bahaya bila bakteri itu sudah masuk ke dalam telur. Infeksi penyakit akan bisa jadi sangat parah. Jadi, telur yang nampak retak memang tak boleh digunakan meski tampak baik-baik saja.

2. Sebaiknya Pilih telur yang kecil

Jika anda beli eceran, pilih telur yang kecil, karena telur yang lebih besar memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan telur kecil. Jadi kulit telur yang tipis lebih rentan untuk retak dan beresiko terhadap masuknya bakteri.

3. Jangan Mencuci telur sebelum menyimpan

Bila telur dicuci, sebaiknya langsung dimasak. Sebab kulit telur yang dicuci tidak hanya menghilangkan lapisan Protective Bloom-nya. Tapi justru menyebabkan pori-pori pada kulit telur jadi lembab, sehingga bakteri lebih senang di sana.

4. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Jika anda membeli di supermarket, ada tanggal “best before” yang tertera pada kemasan telur yang berarti baik dalam kondisi telur itu disimpan dalam lemari es. Bila tak menyimpannya dalam lemari es, sebaiknya digunakan lebih awal dari tanggal kadaluarsanya.

5. Simpan Telur di Bagian dalam Kulkas

Seperti dijelaskan diatas, bagian terbaik menyimpan telur adalah pada bagian dalam kulkas agar suhu tetap stabil. Gunakan wadah yang baik dan tertutup untuk menghindari kontaminasi kotoran dari kulit telur dengan makanan lain dalam kulkas.

6. Masak dengan Sempurna

Memasak dengan sempurna dapat membunuh bakteri Salmonella yang bisa beresiko mengganggu kesehatan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Cuci dan Simpan Telur Di Pintu Kulkas, Ini Sebabnya Yang Ternyata Bisa Menyebabkan...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar